Email Google Apps tidak bisa menerima email? ini solusinya!


Tepat tanggal 18 April 2014 Aplikasi Google khususnya Free Email Costom Domain sudah tidak dapat anda nikmati lagi dan Aplkasi Email yang sudah pernah anda buat tapi tidak anda aktifkan secara automatis akan di DELETE sama google, bagi kamu yang punya masalah dalam mengaktifkannya dan pertanyaan yang paling sering muncul adalah "Email Google Costom tidak bisa menerima email dari provider manapun" akan tetapi anda bisa mengirim email dari Email google apps.

Hal tersebut dikarenakan MX RECORD tidak tercatat di hosting baru Anda tersebut. Walaupun proses kirim email dari Google Apps Anda tetap bisa dilakukan, tetapi bila ada email balasan ke Akun Google Apps Anda tidak bisa masuk walaupun email tersebut sudah terkirim.

Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya sebagai berikut :


  • Masuklah Ke CPANEL hosting baru anda
  • Klik MX Entry
  • Setting Email routingnya tetap saja di set di Automatically Detect Configuration
  • Lalu ke Add New Record dan masukkan satu-persatu MX Server dari google apps di bawah ini:

ASPMX.L.GOOGLE.COM  Priority 1
ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM  Priority  5
ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM  Priority  5
ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM Priority 10
ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM Priority 10

Silahkan masuk ke Email Authentication yang letaknya biasanya berada disamping MX Entry
  • Cek Domain DomainKeys harus AKTIF (Enable)
  • CeK SPF harus AKTIF (Enable)
  • Masuk ke bagian Include List (INCLUDE) Klik Add – Ketikkan google.com
  • Klik Update (di bagian bawah)
  • Kalau sudah Valid, di bagian SPF akan terdapat tulisan:
  • Your current raw SPF record is : v=…………….include:google.com -all

Pastikan bahwa didalam Record MX Server tidak ada nilai "0 untuk domain.com anda" jika ada segera hapus MX Entry 0 tadi. semoga bermanfaat.

0 Response to "Email Google Apps tidak bisa menerima email? ini solusinya!"